oleh

Akhi Lampung Terus Lakukan Pembinaan dan Penyuluhan Kepada Jamaah Haji

-BERITA-10 views

MEDIAPUBLIKA.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo, S.Ag, SS. M.Hum, yang didampingi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Drs. H. M. Ansori, M.Kom.I, dan Subkoordinator Subbagian Umum dan Humas, dr. H. Indri Hapandi mengadakan audiensi dengan Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Wilayah Lampung perihal sosialisasi keberangkatan dan Kesehatan Jemaah Haji, di ruang transit asrama haji Provinsi Lampung, Kamis (2/6/22).

Kegiatan audiensi ini dihadiri dr.Zam Zanariah, Sp.S,.M.Kes selaku ketua AKHI Wilayah Lampung bersama para pengurus yakni dr. Ayu Ariyanti, dr. Isura, dr. Ayu, Ratu Aisyah, Vandan dan dr.Citara.

Dalam acara audiensi tersebut ada beberapa pembahasan yakni; mengenai sosialisasi Jemaah Haji, tutorial vaksinasi internasional, menghimbau jemaah membawa perlengkapan haji yang wajib dibawa ke tanah suci terutama obat khusus.

“AKHI Wilayah Lampung akan berperan dan terus bersinergi dengan pemerintah untuk membantu sosialisasi dalam pembinaan dan penyuluhan kesehatan kepada para jamaah pada tahap persiapan di Indonesia,” kata Pak Puji.

“Selain itu, kita akan buatkan tutorial video vaksinasi internasional sebagai petunjuk bagi para jemaah haji dengan bantuan perwakilan dari Tim AKHI Wilayah Lampung untuk pembuatan tutorial tersebut, untuk menyampaikan informasi yang tertera pada sertifikat vaksin internasional sudah disesuaikan dengan standar WHO, termasuk kode QR yang tercantum di dalamnya agar bisa terbaca dan diakui di luar negeri,” tambahnya.

Sementara itu, dr. Zam mengatakan penyelenggaraan haji di masa endemi perlu melibatkan banyak lini, sehingga jamaah dapat berperan aktif dalam penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan dalam setiap tahapan.

“Melalui sosialisasi semoga dapat meningkatkan pengetahuan petugas dan jamaah haji tentang kebijakan berhaji di saat endemi dan meningkatkan pengetahuan dalam menghadapi permasalahan kesehatan jamaah haji Indonesia,” ucapnya.

dr. Zam menjelaskan, AKHI Wilayah Lampung akan terus berperan aktif untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan pada jemaah haji, dengan cara membagi beberapa grup dari pengurus AKHI Lampung untuk terlibat dalam sosialisasi keberangkatan Jemaah Haji sesuai yang telah terschedule. “Dan meminta Kakanwil Kemenag untuk menyiapkan tanda identitas untuk AKHI Wilayah Lampung agar mempermudah AKHI Lampung yang akan menjalankan tugasnya dalam meningkatkan kesehatan jemaah haji,” kata dia.

Kemenag Provinsi Lampung akan bersinergi dengan semua stakeholder untuk bersungguh-sungguh dalam mengatur tentang bagaimana jamaah haji Indonesia khususnya dari Provinsi Lampung bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini dengan khusuk dan selamat untuk menjadi haji yang mabrur. (*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed