oleh

Gojek Resmi Luncurkan Program GoPlay Creator Fund

-BERITA-8 views

MEDIAPUBLIKA.com – Untuk mendorong kreator lebih dekat dengan penggemar setia atau true fans, GoPlay, platform livestreaming interaktif dari Gojek resmi meluncurkan program GoPlay Creator Fund. Dengan dana lebih dari Rp15 miliar, program yang ditujukan bagi kreator konten lokal pada platform GoPlay ini bertujuan untuk membuka akses pendapatan berkelanjutan bagi para kreator dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreator di Indonesia.

Dengan demikian, kreator berkesempatan mendapat bonus bulanan dengan proses pencairan yang instan dan seamless, potensi peningkatan virtual gift, pelatihan, hingga keuntungan khusus untuk meningkatkan skala program liveshow mereka.

Terbuka bagi seluruh kreator di Indonesia dari berbagai genre bagi kreator di GoPlay termasuk kreator pemula yang belum memiliki penonton dan follower, program GoPlay Creator Fund akan berlangsung sepanjang tahun.

Tak hanya itu, lewat fitur instant withdrawal yang dimiliki GoPlay sebelumnya kreator dapat menikmati proses pencairan dana yang cepat bahkan setelah liveshow berakhir. Sehingga program GoPlay Creator Fund ini diharapkan dapat meningkatkan skala dari program pembinaan konten kreator yang dilakukan selama ini oleh
GoPlay.

Chief Executive Officer (CEO) GoPlay Edy Sulistyo menjelaskan, semakin fokus pada layanan livestream interaktif sejak 2021, GoPlay terus memperkuat posisi kami sebagai rumah kreator lokal Indonesia. “Kami terus berupaya mendorong tumbuhnya kreator baru, dengan menjalankan skema Professional User Generated Content (PUGC) yang membuka pintu selebar-lebarnya pada konten kreator baru untuk berkreasi lewat tayangan livestream dengan kualitas konten yang terus kami jaga,” jelas Edy Sulistyo, Rabu (30/3/22).

Dengan demikian, lanjutnya, mereka berkesempatan untuk menemukan komunitas penggemar setia di GoPlay. Lewat GoPlay Creator Fund, GoPlay berkomitmen mendukung keberlangsungan konten kreator di Indonesia untuk memperoleh pendapatan yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan misi Gojek untuk memberikan dampak sosial bagi para pemangku kepentingan terkait.

“Dengan syarat dan ketentuan berlaku, masing-masing kreator akan mendapat jumlah bonus yang berkorelasi dengan performa dari sisi frekuensi live di GoPlay, jumlah penonton hingga bagaimana kreator dapat menemukan penggemar setia atau true fans dari komunitas penonton,” kata dia.

Edy menjelaskan, untuk mendukung transparansi dan inovasi, kreator pun akan memperoleh rapor bulanan performa yang dikirimkan secara langsung kepada tiap kreator serta akses untuk instant withdrawal setiap bulan atau ketika show berakhir.

“GoPlay juga akan menyelenggarakan beragam special mission maupun pelatihan pembuatan konten livestreaming bagi seluruh kreator untuk memastikan kualitas konten yang dihadirkan sehingga semakin interaktif dan mendekatkan mereka dengan para penonton,” ucapnya.

Sebelumnya, GoPlay telah memudahkan fans untuk lebih dekat dengan kreator lewat ragam fitur interaktif seperti chat, live quiz, trivia, live games, dan lainnya. Lebih jauh, fans dapat langsung mengapresiasi konten kreator favorit mereka secara finansial dengan fitur virtual gift.

“Dalam perjalanannya, virtual gift ini terus menarik minat penonton dan konten kreator karena kemudahan bagi kreator pemula yang bisa langsung mengadakan liveshow dan mendapatkan pendapatan langsung sesudahnya,” jelasnya.

Berangkat dari pemahaman serta interaksi
kami yang intens bersama kreator lokal, GoPlay melihat semakin banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan konten kreator sebagai profesi utama. Sehingga akses hasil virtual gift sebagai pendapatan setelah event atau liveshow yang dapat diandalkan secara cepat menjadi sangat krusial karena menjadi sumber pemasukan utama sehari-hari mereka.

“Berbeda dengan platform lainnya, sejak awal GoPlay juga menghadirkan fitur instant withdrawal bagi para konten kreator dimana mereka memiliki akses pencairan langsung pendapatan mereka secara instan dan seamless dalam hitungan menit. Melalui GoPlay, konten kreator pemula dapat fokus sepenuhnya untuk membuat konten positif dengan dukungan penuh dari ragam fitur GoPlay,” kata dia.

Tercatat, berbagai kreator di GoPlay telah mampu kumpulkan pendapatan lebih dari puluhan hingga bahkan ratusan juta tiap bulannya melalui fitur virtual gift yang dikumpulkan dari penonton selama streaming di GoPlay.

Sedangkan menurut Chief Strategic Officer GoPlay Martinus Faisal menjelaskan, berbeda dengan dengan platform lainnya dimana kreator sangat bergantung pada sponsor dari brand untuk memperoleh pendapatan, GoPlay mendorong skema
creators economy sejak awal berdiri.

“Creator economy mensyaratkan pendapatan yang diperoleh kreator tidak
hanya dari brand, namun utamanya dari fans. Sejak pertama kali layanan livestream GoPlay hadir, kreator pemula telah berkesempatan tanpa kriteria minimum tertentu memperoleh pendapatan langsung dari penonton, melalui fitur virtual gift. Lewat GoPlay Creator Fund, para kreator tidak hanya mengakses bonus bulanan, namun juga virtual gift dari true fans yang berpotensi semakin meningkat seiring dengan kedekatan kreator dengan para true fans mereka, bahkan true fans potensial lainnya,” paparnya.

Selain mendapat bonus bulanan dan potensi peningkatan virtual gift, kreator berkesempatan memperoleh berbagai keuntungan dalam meningkatkan skala program liveshow. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

  1. Dukungan promosi kreator maupun iklan berbayar pada berbagai media channel GoPlay
  2. Edisi spesial virtual gift dengan desain khusus pada liveshow yang diselenggarakan kreator
  3. Dapat menggunakan studio rekaman GoPlay di Jakarta untuk kebutuhan livestreaming
  4. Dapat tampil dalam acara liveshow rutin GoPlay, seperti GoCoustic, hiburan akustik mingguan GoPlay, atau GoPlay Playground, penampilan spesial bulanan yang menampilkan berbagai kreator unggulan GoPlay
  5. Kesempatan mendapat sponsor dari brand partner yang difasilitasi GoPlay
  6. Mentorship khusus dari tim GoPlay

‚ÄúDari awal kami beraspirasi agar GoPlay dapat berkontribusi bagi masa depan Indonesia melalui konten-konten positif namun menghibur, dan kami juga melihat demand terhadap tayangan tersebut dari pengguna GoPlay,” kata Edy.

Lewat program ini, lebih banyak lagi kreator dapat berkreasi sepenuhnya dalam menghadirkan tayangan yang interaktif, edukatif, dan menghibur para true fans mereka, jadi bukan sekedar konten yang viral. Membuat konten livestreaming tidak semudah membuat konten video biasa yang dapat di-edit atau cut, ditambahkan filter, atau cara-cara lain untuk mempercantik hasil akhirnya.

“Tapi di livestreaming, kreator bisa menunjukkan potensi mereka untuk bisa lebih akrab dan berinteraksi dengan penonton. Sehingga pada akhirnya penonton dapat mengapresiasi
lebih dari sekedar skill editing video-nya, namun kualitas karya kreator yang bersangkutan,” tutup Edy. (Mp/*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed