oleh

Hasil Quick Count Dari Data Masuk 100%, Dawam-Azwar Unggul di Lampung Timur

MEDIAPUBLIKA.com – Rakata Institute merupakan salah satu lembaga survei dan hitung cepat yang mendapatkan ijin untuk melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

Rakata Institute sudah berpengalaman menyelenggarakan Quick Count (Hitung Cepat) selama periode 2008 – 2019, terakhir saat Pileg dan Pilpres 2019 yang hasilnya presisi dan dapat dipertanggungjawabkan serta dengan cepat dapat diketahui oleh publik hanya beberapa jam setelah proses perhitungan suara selesai.

“Rakata Institute akan menempatkan 88 relawan untuk bertugas pada 88 TPS yang tersebar pada 24 Kecamatan di Kabupaten Lampung Timur,” jelas Yuli Harmoko Direktur Rakata Institute, di Hotel Emersia Bandarlampung, Rabu (9/12/20).

Harmoko menjelaskan, Metodologi Quick Count dilaksanakan dengan sampel 88 TPS yang tersebar secara proporsional setiap kecamatan di Kabupaten Lampung Timur. Sampel dipilih menggunakan metode Stratified Random Sampling.

“Diperkirakan toleransi kesalahan (margin of error) pada quick count ini secara total +/- 2.5% pada tingkat kepercayaan (confidence level) 99%. Artinya perolehan hasil suara dari calon kandidat pada Quick Count ini bisa bergeser ke atas atau bergeser ke bawah sebesar 2.5%,” kata Harmoko.

Berikut hasil Quick Count dari data masuk 100% masing-masing kandidat calon Bupati-Wakil Bupati Lampung Timur Nomor Urut Nama Pasangan Calon Hasil Quik Count;

1. Yusran Amirullah-Benny Kisworo 23,61%.
2. Zaiful Bokhari-Sudibyo 35,64%.
3. M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi 40,75%.

Tingkat Partisipasi Pemilihan: 70,39%

“Hasil Quick Count menunjukan bahwa pasangan Yusran Amirullah – Benny
Kisworo memperoleh suara 23,61% pasangan Zaiful Bokhari – Sudibyo
memperoleh suara 35,64% dan pasangan Raden M Dawam Rahardjo – Azwar
Hadi memperoleh suara 40,75%
Secara statistik, pasanagan M Dawam Rahardjo – Azwar Hadi unggul atas
pasangan lainnya,” ucapnya.

Dengan demikian, pasangan M Dawam Rahardjo – Azwar Hadi diprediksi akan memenangkan pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung 2020.

“Hasil quick count pilkada Kabupaten Lampung Timur versi Rakata Institute ini bukan hasil resmi pemilihan, untuk keputusan hasil perolehan suara atau
pemenang pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung Timur menunggu ketetapan resmi dari KPU Kabupaten Lampung Timur 1-2 minggu ke depan,” tutupnya. (Tim/MP).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed