oleh

Wagub Lampung Membuka Seminar Kesehatan Haji

-BERITA-2 views

MEDIAPUBLIKA.com – Wakil Gubernur Provinsi Lampung Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D membuka Seminar Kesehatan Haji yang diadakan Asosiasi kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Provinsi Lampung, di Balai Keratun Lantai III, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Minggu (9/10/2022) pagi.

Demi meningkatkan pengetahuan kepada tenaga kesehatan calon petugas kesehatan haji di Provinsi Lampung, Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Provinsi Lampung bersinergi dengan Pemerintah  mengadakan Seminar Kesehatan Haji yang dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih atas peran serta AKHI Wilayah Lampung atas peran aktifnya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat khususnya tenaga kesehatan dan para pemerhati kesehatan haji baik yang berasal dari Provinsi Lampung maupun dari luar Provinsi Lampung.

“Terimakasih kepada seluruh pengurus AKHI Provinsi Lampung yang selalu berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengabdian untuk meningkatkan Kesehatan Haji,” kata Wagub.

Wagub Provinsi Lampung juga yakin dari kesemua peserta yang hadir pada seminar ini tidak menutup kemungkinan akan ada yang menjadi tenaga kesehatan haji pada musim haji tahun 1444H/2023M yang akan datang.

“Saya atas nama pemerintah Provinsi Lampung berpesan agar apabila kelak anda sekalian terpilih untuk mendampingi para tamu-tamu Allah, laksanakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya karena Allah sehingga proses pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jamaah haji Indonesia berlangsung dengan baik,” ucapnya.

Adapun kegiatan seminar tersebut mengundang tiga narasumber yakni Ir. Ria Andari. M.Pd (Kepala Biro Kesra Provinsi Lampung), DR. dr. Hj. Reihana Wijayanto, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung), dan dr. H. Melzan Dharmayuli, MHM (Kabid Kesehatan PPIH Arab Saudi Tahun 2018) serta Workshop Recruitmen Petugas Kesehatan Haji diisi oleh Ahmad Yusri Zulkifli, SST (Analis Kesehatan KKHI Mekkah).

Pada kesempatan itu, dr. Zam Zanariah, Sp.S. M.Kes selaku Ketua AKHI Provinsi Lampung dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa kegiatan seminar tersebut merupakan kesekian kalinya dilaksanakan bukan pertama kali, yang mana hal ini merupakan bentuk peran AKHI untuk membina dan memperluas wawasan di bidang kesehatan khususnya bagi tenaga kesehatan calon petugas kesehatan haji di Provinsi Lampung, sehingga calon tenaga kesehatan petugas haji ke depan dapat memahami kebijakan-kebijakan dalam menjalankan tugasnya.

Ia berharap agar kegiatan seminar tersebut untuk didukung dan digalakkan secara berkesinambungan sebab sektor kesehatan haji merupakan komponen yang penting untuk terus meningkatkan pelayanan, karena merupakan salah satu syarat istithaah dalam ibadah haji.

“Dengan diadakannya seminar kesehatan ini saya harapkan mampu meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan calon petugas kesehatan haji Indonesia khususnya Provinsi Lampung, serta dapat terus meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi jemaah haji di masa yang akan datang,” jelas dr. Zam.

Kemudian, dr. Zam menjelaskan, bahwa peserta seminar adalah tenaga dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya seperti apoteker, tenaga teknis kefarmasian, surveilans, ahli gizi, analis dan lainnya dari berbagai Kabupaten di Provinsi Lampung. Dengan jumlah 400 peserta tidak seperti sebelumnya yang mencapai 700 bahkan lebih, untuk kali ini peserta seminar  di batasi karena seminar tetap menjalankan prokes Covid-19.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Lampung Bpk. Hamartoni Ahadis, Ketua IDI Provinsi Lampung dr.Harnos, Ketua IDI Cabang Bandar Lampung dr. Khadafi Indrawan, Sp.An, Pembina AKHI Ibu Leny Yurina, S.Kep.,M.M, pengurus AKHI dr. Ayu Ariyanti, dr.John, dr.Rahmi, Ns.Eko, dr.Tuti, dr.Isura, dr.Dian, dr. Sukarti, dr. Ayu, dr. Lusita, Maryati, Lisda, Yuli, Ratu, Berty, dr. Asih, Yudhi, Jambrul, dr. Ane, dr. Wulan, Marya, Akbar, Faizuna, Yeni, David, Yatni, Hanny, Effendi, Zainal, Taufik, Ratih, Andi, Yuliantina dan Ketua Pelaksana Seminar Kesehatan Haji Ns. Handi PS.

dr. Zam mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mensukseskan acara seminar tersebut dan pelantikan pengurus AKHI Kabupaten Lampung Selatan, Kab.Lampung Barat, Kab. Tanggamus, Kab.Way kanan, Kab. Tulang bawang dan Tulang Bawang Barat Periode 2022-2026.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan mengapresiasi hasil kerja keras panitia dalam suksesi seminar kesehatan haji dan pelantikan pengurus AKHI beberapa Kabupaten tersebut, selalu tetap semangat untuk mengabdi sebagai pejabat lillahita’ala (PLT),” tutup dr. Zam. (*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed