oleh

Basarnas Lampung Gelar Apel Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran 2022

-BERITA-2 views

MEDIAPUBLIKA.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung Gelar Apel Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran tahun 2022, di lapangan upacara kantor pencarian dan pertolongan Lampung, Senin (25/04/22).

Dalam apel tersebut Kakansar membacakan sambutan dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Henri Alfiandi menyampaikan, bahwa Basarnas akan melaksanakan Siaga SAR Khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional, dan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pemerintah Daerah, Pengelola Jalan Tol, RS Rujukan dan Kementerian/Lembaga terkait untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal kepada para Pemudik, dengan prinsip Quick Response SAR.

“Jaga kesehatan, dengan tetap konsisten dengan 3 M. Kuasai permasalahan yang ada, koordinasikan dan rencanakan yang terbaik, bekerja secara profesional, laksanakan misi penyelamatan di lapangan sesuai prosedur, disiplin tinggi dan mampu memberikan contoh tauladan kepada potensi SAR,” kata Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi.

Selanjutnya, kepada petugas lapangan untuk selalu menggunakan APD Covid-19 dan para kakansat support mereka di garis depan. Setiap Kansar bergabung dengan Posko Gabungan yang didirikan oleh Pemda di daerah masing – masing, dan yang terakhir Publikasi lebih diaktifkan agar masyarakat dapat lebih merasakan kehadiran Basarnas.

Di lain kesempatan Kakansar Lampung Jumaril, menjelaskan sebanyak 105 personil siap ditempatkan di 7 titik vital di Provinsi Lampung, terdiri dari Posko Induk Basarnas Lampung di Natar, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Kota Agung, Posko Pintu Tol Itera, Posko Rest Area Jalan Tol Km. 215, Pantai sekitar Kalianda, Pantai Ketapang dan sekitarnya, dan Pantai Sebalang.

“Selain personil, Kantor SAR Lampung juga mensiagakan alut seperti KN SAR 224 Basudewa, RIB (Rigid Inflatable Boat) 2 unit, Double Stabilizer Boat (perahu jukung Basarnas), Rescue Car Compartement (Mobil Rescue yg berisikan peralatan ekstrikasi) untuk pertolongan kecelakaan, Rescue Truck, dan perahu karet yang dilengkapi dengan peralatan penyelamatan di air, peralatan selam, peralatan pendeteksi korban bawah air (Aqua eye),” kata Jumaril.

Untuk di Pelabuhan Bakauheni, kata dia, kita standby kan SRU air untuk mengantisipasi kecelakaan pelayaran dan juga SRU darat untuk mengantisipasi kecelakaan di Tol Trans Sumatera.

Selain di pintu Tol Bakauheni, tambahnya, kita juga stanby kan 1 tim di pintu tol Itera dan Rest Area km. 215 bergabung dengan tim dari rescue pihak PT. HK supaya penanganan kecelakaan dan koordinasi lebih baik dan cepat.

“Untuk dukungan standby SAR udara Basarnas mengerahkan 1 helikopter yang akan disiagakan di pelabuhan Merak, dimana wilayah pemantauannya hingga ke Lampung,” tutup Jumaril. (*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed