oleh

Gubernur Arinal Akan Membangun USB SMA/SMK di Pulau Tabuan Tanggamus

MEDIAPUBLIKA.com – Peduli terhadap pendidikan di Pulau terpencil, Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi berjanji dan berkeinginan membangun satuan pendidikan baru di Pulau Tabuan Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus.

Menindaklanjuti keinginan Gubernur Arinal Djunaidi tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Drs. H. Sulpakar, MM, gerak cepat turun ke lokasi meninjau Pulau Tabuan yang nantinya akan dibangun Unit Sekolah Baru (USB) SMA/SMK, pada Rabu (23/3/22).

Sulpakar dan sejumlah pejabat Disdikbud, meninjau lokasi/lahan yang akan menjadi tempat pembangunan USB. Ia mengatakan, sebelum dilakukan pembangunan sekolah, maka berbagai hal perlu dipersiapkan. Terutama masalah lokasi atau lahan yang akan dibangun.

“Melalui kajian tim dan dinilai layak, maka harapan masyarakat Pulau Tabuan Cukuh Balak memiliki SMA/SMK akan terwujud dan bisa direalisasikan pada 2023,” kata dia.

Sulpakar menjelaskan, pada Musrenbang di Kabupaten Tanggamus pekan lalu, masyarakat meminta dibangun SMA di Pulau Tabuan yang saat ini sudah ada 3 SDN dan 1 SMPN.

“Sebagai bentuk komitment Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam pemerataan pendidikan di Lampung terutama di pulau terpencil, maka Gubernur Arinal Djunaidi menyanggupinya,” jelasnya.

Pulau Tabuan, lanjutnya, merupakan pulau satu-satunya yang berada di Kabupaten Tanggamus dan masuk wilayah Administrasi Kecamatan Cukuh Balak, posisinya terletak di dekat tengah pintu masuk Teluk Semaka.

“Wilayah tersebut relatif curam dan berhutan lebat dan memiliki ketinggian 671 meter. Disana juga terdapat administrasi empat pekon yakni Pekon Sawang Balak, Pekon Suka Banjar, Pekon Karang Buah dan Pekon Kutha Kakhang. Untuk menuju kesana dijangkau melalui 1 jam perjalanan laut dari Pekon Putih Doh, Cukuh Balak,” ucapnya.

“Mudah-mudahan keinginan masyarakat Pulau Tabuan untuk memiliki satuan pendidikan SMA/SMK terwujud. Dan Gubernur Lampung Pak Arinal Djunaidi sangat menginginkan adanya unit sekolah baru di pulau Tabuan Tanggamus,” ujar Sulpakar. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed