oleh

Tim Basarnas Lampung Berhasil Menemukan Pendaki yang Hilang

MEDIAPUBLIKA.com – Satu pendaki berasal dari Bandar Lampung yang ingin menuju puncak Gunung Tanggamus Lampung dinyatakan hilang.

Saat ini Tim Basarnas dan relawan KPA Acak (Anak Cinta Alam Kota Agung), Mapala Artala DJ sedang melakukan pencarian dan mengevakuasi para pendaki tersebut.

Kapos Basarnas Tanggamus Hendra mengatakan, jumlah pendaki ada 9 orang, namun yang sudah di evakuasi 8, tinggal satu lagi dalam pencarian, yaitu pendaki wanita.

“Kami hari ini akan melakukan pencarian bersama rekan relawan ACAK, warga, dan tim pendaki Lampung untuk melanjutkan pencarian,” kata Hendra, Kamis (1/7/2021).

Sementara itu dari keterangan salah satu pendaki yang telah dievakuasi Edelweiss Khairunnisa Putri (16 ) mengatakan, jika dirinya sudah mengajak Tasya untuk turun agar tidak melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung, namun Tasya tetap memilih untuk melanjutkan perjalanan bersama 5 rekannya yang lain.

“Sesampainya di pos 5 Tasya sudah tidak sanggup lagi untuk melanjutkan perjalanan, namun dia menunggu di pos 5 dan menyuruh rekannya yang lain untuk melanjutkan perjalanan,” jelas Edelweiss.

Edelweiss melanjutkan, setelah rekannya kembali dari puncak Tasya sudah tidak ada, dan mereka melakukan pencarian dan langsung menginformasikan ke rekan setimnya agar menghubungi tim evakuasi pencarian.

Sedangkan menurut korlap relawan ACAK Lowis Fernando yang ikut mencari korban menyampaikan, jika dirinya bersama rekan relawan ACAK, Tim Basarnas Tanggamus akan melanjutkan pencarian pagi ini.

“Alhamdulillah pagi ini Tasya sudah di temukan dan saat ini dia sedang bersama kami,” jelas Asep Sepriadi perwakilan Mapala Artala DJ.

Asep menambahkan, saya berharap dari pengalaman seperti ini seharusnya para pendaki khususnya pendaki Lampung bisa dijadikan sebagai pengalaman, jadi kalau tidak kuat mendaki jangan dipaksakan untuk melanjutkan pendakian tersebut.

“Saya juga menghimbau, apabila dalam pendakian ke Puncak Gunung itu jangan pisah dari Tim, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan,” tegasnya.

Kejadian berawal dari Rabu (30/06) sore pukul 15.00 WIB. Korban bersama rombongan berjumlah 5 orang mendaki Gn. Tanggamus, di tengah perjalanan korban kelelahan memutuskan untuk berhenti dan 4 orang lainnya melanjutkan perjalanan ke puncak.

Setelah rombongan kembali, korban tidak ditemui di lokasi terakhir, selanjutnya rombongan mencoba mencari di posko awal pendakian namun korban tidak diketemukan, info dari pengelola rombongan tidak mendaki melalui jalur resmi dikarenakan pendakian Gn. Tanggamus masih ditutup.

Identitas korban adalah Tasya Putri Damayanti (16) jenis kelamin perempuan dan merupakan warga Bandar Lampung. Kemudian pukul 23.30 WIB Bp. Caul (warga setempat) melaporkan hal tsb ke Basarnas Lampung.

Basarnas Lampung langsung mengerahkan personil yang berada di Pos SAR Tanggamus untuk segera ke lokasi untuk melaksanakan operasi SAR.

Kamis (01/07) pukul 00.35 WIB tim tiba di Posko Gisting Pendakian Gunung Tanggamus untuk berkoordinasi dengan unsur yang sudah berada di lokasi.

Selanjutnya tim SAR gabungan melakukan penyisiran sesuai jalur pendakian sampai dengan campground 2. Di Posko tim jaga berkoordinasi dengan rombongan yang selamat perihal kondisi korban, dan rombongan menemukan baju flanel yang digunakan korban saat di pos 3. Pukul 03.30 WIB tim SAR Gabungan tiba di Campground 2 dan pencarian masih nihil.

Pukul 06.30 WIB Tim SAR Gabungan melaksanakan briefing Pencarian, Tim dibagi menjadi 3 Regu dengan pola pencarian tracking mode sejauh ±3 KM ke arah Puncak Gn. Tanggamus dimulai dari Pos Sonokeling 2 sesuai dengan RenOps H.2.

Pukul 06.39 WIB Terima info dari Dantim bahwa korban telah ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim SAR Gabungan, Titik Koordinat penemuan 5°25’20.0496″ S-104°41’46.662″ E, Jarak 1.75 Km radial 88.84° arah Timur dari LKP. Selanjutnya korban dievakuasi ke posko utama. (Mp).

Ini nama-nama pendaki asal Bandar Lampung yang sudah di Basecamp:

1. Nama: Dito Aditya putra
Umur: 16 tahun
Asal: Lampung
Dari mana: Bandar Lampung

2. Nama : Edelweiss Khairunnisa Putri
Umur: 16 tahun
Asal: Lampung
Dari mana: Bandar Lampung

3.Nama: ghaly atala
Umur: 14 tahun
Asal : Lampung
Dari mana:  Bandar Lampung

4.Nama: Muhammad Anas Saputra
Umur: 17 tahun
Asal : Lampung
Dari mana: Bandar Lampung

5. Nama: Naka Isa
Umur: 16 tahun
Asal : Lampung
Dari mana: Bandar Lampung

6. Nama: Arifin Ilham
Umur: 16 tahun
Asal : Lampung
Dari mana: Bandar Lampung

7. Nama: Faisal
Umur: 16 tahun
Asal : Lampung
Dari mana: Bandar Lampung

8. Nama: Nofal Nugroho
Umur: 17 tahun
Asal : Lampung
Dari mana: Bandar Lampung

Pendaki yang sudah ditemukan :

1. Nama: Tasya Putri Damayanti
Umur: 16 tahun
Asal : Lampung
Dari mana: Bandar Lampung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed