oleh

Gubernur Arinal Djunaidi Resmi Membuka Porprov Lampung IX Tahun 2022

MEDIAPUBLIKA.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, berharap Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX Tahun 2022 dapat melahirkan atlet-atlet diberbagai cabang olah raga yang berkualitas dan berkompetensi untuk berlaga di tingkat nasional.

Harapan Gubernur Arinal tersebut disampaikan saat membuka Acara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX Tahun 2022 yang bertemakan ‘Menuju Era Emas PON XXI Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara’.

Dalam kesempatan itu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan Porprov Lampung IX Tahun 2022 sebagai wahana untuk meningkatkan prestasi, semangat kompetisi juga tali silaturahim sekaligus momentum untuk membudayakan kebiasaan berolahraga di tengah masyarakat.

Gubernur melanjutkan, bahwa pembangunan olahraga merupakan salah satu variabel yang penting dalam mewujudkan kemajuan daerah sekaligus kemajuan bangsa dan negara, karena dalam proses dan outputnya terkandung nilai pemberdayaan masyarakat, pembentukan karakter dan identitas serta menjadi perekat persatuan dan kesatuan anak bangsa.

“Pekan olahraga Provinsi sendiri merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan pesta olahraga empat tahun sekali, sebagai tempat menunjukkan hasil-hasil pembinaan olahraga di daerah,” jelas Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Stadion Pahoman, Bandarlampung, Senin (05/12/22) malam.

Saat ini terdapat 33 Cabang Olahraga yang dipertandingkan merupakan asset prestasi olahraga Lampung yang kelak bisa disiapkan untuk pembibitan atlet yang dapat memperkuat kontingen Lampung pada tingkat nasional, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

Dalam kesempatan tersebut, Arinal Djunaidi juga berpesan kepada atlet yang akan bertanding untuk menunjukkan kemampuan terbaik, serta junjung tinggi sportivitas dan fair play selama mengikuti Porprov ini. Dengan demikian, setiap kemenangan yang diraih tidak akan menciderai nilai-nilai luhur olahraga.

Lalu, Arinal juga berpesan kepada para pelatih untuk memanfaatkan teknologi dan terus berinovasi dalam melatih para atlet, sehingga proses serta hasil yang akan didapatkan dapat lebih optimal.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua III KONI Pusat, Tursandi Alwi yang membacakan sambutan tertulis dari Ketua Umum KONI Pusat menyampaikan bahwa apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Terimakasih atas dukungan pemerintah daerah yang dipimpin oleh Gubernur Lampung Arinal Junaidi beserta jajarannya terhadap kegiatan ini,” ucapnya.

Tursandi Alwi melanjutkan bahwa Ketua Umum KONI Pusat berharap akan ada atlet Lampung yang menjadi tulang punggung Indonesia dalam event-event maupun pagelaran multinasional selanjutnya.

Diakhir, Tursandi Alwi berpesan kepada seluruh atlet untuk menerapkan sportivitas serta memberikan performa yang terbaik dalam Porprov ini.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda memaparkan bahwa maksud dan tujuan Porprov ini adalah sebagai ajang seleksi menuju Porwil dan babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional PON XXI tahun 2023.

Selain itu, Porprov ini juga bertujuan untuk sebagai evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga di Provinsi Lampung menuju PON XXI di Aceh dan Sumut. Lalu, Porprov ini juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan semangat persahabatan diantara peserta Pekan Olahraga Provinsi Lampung IX Tahun 2022.

Porprov yang diselenggarakan dari tanggal 4 Desember sampai dengan 13 Desember 2022 ini diikuti oleh 4.932 atlet dan 1230 official dari 15 Kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dan memperebutkan 3.183 medali yang terdiri dari 887 medali emas, 887 medali perak dan 1.409 medali perunggu. (*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed