oleh

Liga Mini Soccer Lintas Agama Sebagai  Media Mempererat Persatuan dan Toleransi Antar Umat Beragama

MEDIAPUBLIKA.com – Pemerintah Provinsi Lampung diwakili oleh Kaban Kesbangpol M. Firsada bersama Kadis Kominfotik Ganjar Jationo menghadiri acara Pembukaan Liga Mini Soccer Piala Kapolda Lintas Agama Provinsi Lampung, di Lapangan Mini Soccer Polda Lampung, Jumat (21/10/22).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo selaku Penyelenggara kegiatan ini menyampaikan bahwa Liga Mini Soccer FKUB yang diselenggarakan di Polda Lampung ini merupakan Liga Mini Soccer pertama di Indonesia yang mengikutsertakan seluruh agama di Indonesia.

Kegiatan Liga Mini Soccer ini juga merupakan bagian dari kerjasama antara Polda Lampung dengan Korem Garuda Hitam, Kementerian Agama, MUI serta FKUB di Kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo dalam laporannya menyampaikan juga bahwa kegiatan ini memiliki dua tujuan,

“Tujuan pertama terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan harmonisasi dan kerukunan antar umat beragama di Provinsi Lampung. Lalu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjadikan olahraga sebagai ajang silaturahmi untuk menanamkan sikap toleran antar umat beragama,” ungkapnya.

Pemerintah melalui Kementerian Agama mencanangkan tahun 2022 ini sebagai tahun toleransi. Karena itu, melalui kegiatan ini kita dapat menunjukkan sikap toleransi didalam kegiatan Liga Mini Soccer lintas agama ini. Lalu, dengan kegiatan ini juga Kementerian Agama berharap Penguatan Moderasi Beragama dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua FKUB Provinsi Lampung Dr. Moh Bahruddin menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menunjukan kerukunan antar umat beragama. FKUB dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama itu dengan melakukan inovasi dalam bentuk memanfaatkan momen olahraga Liga Mini Soccer.

Selain Liga Mini Soccer juga akan diselenggarakan pentas musik dan seni lintas agama yang direncanakan digelar pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2022.

Kegiatan Liga Mini Soccer ini akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 21 Oktober hingga 23 Oktober 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 170 peserta dari 17 tim terdiri dari Tim Polda, Korem Garuda Hitam serta utusan dari Kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Liga Mini Soccer dibuka dengan Kick Off oleh Kapolda Lampung Irjen Pol. Akhmad Wiyagus dan dilanjutkan dengan pertandingan pembuka oleh Tim Komando FC yang digawangi oleh Komeng cs melawan Tim yang terdiri dari Pejabat TNI-Polri di Provinsi Lampung. Pertandingan pembuka ini dimenangkan oleh Tim Komando FC dengan perolehan score 4:3. (*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed