oleh

Pemprov Lampung Meraih Penghargaan TPKAD Award 2021

-BERITA-5 views

MEDIAPUBLIKA.com – Pemerintah Daerah Provinsi Lampung meraih penghargaan sebagai penghargaan provinsi terbaik dalam inovasi pengembangan akses keuangan di sektor pertanian dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso kepada Gubernur Lampung Ir H. Arinal Djunaidi disaksikan langsung oleh Plh Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri pada Rapat Koordinasi Nasional TPAKD 2021, di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (16/12/21).

TPAKD Award merupakan penghargaan rutin yang diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja TPAKD yang terus berusaha memperluas akses keuangan hingga ke daerah. Penilaian didasarkan atas implementasi program kerja yang telah berjalan selama tahun 2021 dan telah dilakukan pada tanggal 16 November 2021 secara daring dengan tim penilai terdiri dari Sarjito – Deputi Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Erdiriyo – Asisten Deputi Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah Kemenko Perekonomian, Budi Santoso – Direktur BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah Kementerian Dalam Negeri, I Gede Putra Arsana – Senior Financial Sector Specialist, Finance, Competitiveness & Innovation World Bank dan Chaikal Nuryakin – Kepala Kelompok Kajian Ekonomi Digital dan Ekonomi Perilaku LPEM FEB Universitas Indonesia.

Pemerintah Daerah Provinsi Lampung menerima penghargaan tersebut melalui salah satu program unggulan Provinsi Lampung, yaitu Kartu Petani Berjaya yang dinilai memiliki upaya untuk mendorong akses keuangan daerah melalui sektor unggulan pertanian yang dimiliki oleh Provinsi Lampung.

Hingga 30 November 2021, 1.045.045 petani terdaftar di program KPB, 211.505 petani teregistrasi di program KPB, penyaluran KUR Tani melalui program KPB kepada 10.303 petani sebesar Rp248,54M, penyaluran asuransi usaha tani padi (AUTP) melalui program KPB sebanyak 19.520 ha dengan jumlah polis sebanyak 32.073 petani dan pendapatan premi sebanyak Rp3,51M.

Lepas menerima penghargaan, Arinal menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Lampung berkomitmen untuk terus meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat sebagai salah satu upaya untuk menurunkan ketimpangan sosial antara perdesaan dan perkotaan, salah satunya melalui Kartu Petani Berjaya (KPB).

KPB merupakan program unggulan di bidang pertanian untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani melalui penyelesaian permasalahan terstruktur, sistematis dan terintegrasi dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi. “Dalam menjalankan kegiatan usaha taninya akan menjadi lebih efisien dan petani mudah untuk mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan,” jelas Arinal.

Hadir mendampingi Gubernur Lampung, Kepala OJK Provinsi Lampung – Bambang Hermanto mengapresiasi penghargaan yang diterima oleh Gubernur Lampung, “Kami mengapresiasi dukungan dari Gubernur Lampung atas program kerja TPAKD Provinsi Lampung yang berjalan dan akan terus bersinergi untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Lampung. Kami berharap sinergi dan kolaborasi TPAKD dan Pemerintah Provinsi Lampung dapat menghasilkan inovasi dan implementasi program peningkatan akses keuangan daerah yang lebih meluas dan mampu mewujudkan industri jasa keuangan yang lebih berdampak positif dan berkualitas,” tutur Bambang. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed