Panitia Seleksi JPT Pratama Mesuji Berasal Dari Unsur Birokrat, Praktisi dan Akademisi

MESUJI6 views

MEDIAPUBLIKA.com – Sekda Mesuji, Syamsudin, S.Sos., mengatakan Panitia Seleksi JPT Pratama tahun 2024 di Lingkungan Pemkab Mesuji dibentuk berasal dari berbagai unsur seperti akademisi, birokrat dan praktisi/pakar.

“Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil maka Uji Kompetensi dilaksanakan untuk mengetahui apakah JPT yang masih ada tepat atau tidak untuk menduduki Jabatan yang ada,” ujar Syamsudin di sekretariat Pemkab Mesuji, Senin, 12 Februari 2024.

Ia menambahkan berdasarkan hasil uji kompetensi ini maka pimpinan dapat mempertimbangkan seseorang pejabat untuk mengisi jabatan yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya atau ditempatkan pada jabatan tertentu.
Melalui tahapan ini, Tim dapat memberikan penilaian yang objektif dan akurat berdasarkan hasil penilaian sehingga dapat memiliki data akurat dalam menempatkan para pejabat secara profesional sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.

Tujuan dari seleksi ini adalah untuk melihat, menilai kompetensi atau assessment dari Kepala Perangkat Daerah, baik itu kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Manajemen ASN.

Sementara itu, hal senada disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Mesuji, Yopi Saputra, S.E., menurutnya pelaksanaan seleksi terbuka melibatkan berbagai mitra lembaga, selain Pemerintah Kabupaten Mesuji sebagai penyelenggara terdapat Tim Pansel yang terdiri dari akademisi, praktisi dan unsur Birokrasi.

“Secara keseluruhan semua proses seleksi terbuka harus mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Hal tersebut untuk menjamin semua tahapan dilaksanakan sesuai peraturan dan standar yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Yopi menambahkan, seleksi terbuka yang akan digelar ditujukan untuk mengisi posisi JPT yang kosong dan memberikan kesempatan bagi pejabat yang telah memenuhi syarat untuk ikut serta dalam tahapan seleksi.

“Seluruh informasi pelaksanaan kegiatan dapat diakses secara terbuka di laman website resmi Kabupaten Mesuji dan Website Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Mesuji,” jelasnya.

“Kegiatan seleksi terbuka untuk JPT di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji adalah kerja bersama multipihak untuk menghasilkan sosok-sosok pimpinan perangkat daerah yang mampu mengakselerasi kemajuan pembangunan di Kabupaten Mesuji,” tutupnya. (ADV).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *